CERITA SMANBARA : DAFTAR CGP

 DAFTAR JADI GURU PENGGERAK

 




Aku berobat untuk sifat CEMASKU, kata Psikiater cemasku tipe Cemas Menyeluruh. Apapun yang aku lakukan, aku cemas. Kemarin aku ngambil uang orang, aku cemas juga. Pokoknya apa pun aku cemas. Selain berobat ke dokter aku juga berobat ke penyembuh alternative.

 

Aku diterawang, kendalaku adalah "Aku terlalu baik." Macam alasan cewek-cewek yang menolakku. Ibarat timbangan aku terlalu ke kanan. Apa pun yang terlalu itu tidak baik. Saran penyembuh ini. Lakukan kebalikannya.

 

Kalau otakku mikir kiri, maka aku harus ke kanan. Aku jadi inget salah satu episode Sponbob. HIDUP SEPERTI LARRY. Lakukan sebaliknya, nikmati tantangan yang dihasilkannya. Ukur kemampuan tubuh menghadapi kecemasan.

 

Nah, setelah itu. Muncullah pengumuan CGP Angkatan 10. Otakku pasti menolaknya. Ini adalah hal yang paling tidak mungkin ikuti. Aku mendaftar. Ya, aku mendaftar, mematuhi teorema: lakukan kebalikannya. Ada tahapan yang harus dilalui. Seleksi berkas, buat esai. Aku tulis apa adanya (guru agama harus jujur). Aku lolos.

 

Tahap kedua, praktek mengajar. Aku mengajar seperti biasa dengan gayaku. Teriak-teriak, lompat-lompat, joget-joget. Kan Guru Penggerak, pasti dicari guru yang banyak geraknya. Aku lolos juga.

 

Tahap ketiga, wawancara. Aku ditanya, “Apa motivasimu jadi guru penggerak?” Aku bilang untuk mengatasi kendala komunikasiku. Bener kalau cemas, yang keluar adalah bahasa alien. Semacam wczhjkmuiuommhkllu. Istriku pasti bisa baca hehe

 

Jadilah aku CGP Angkatan 10 bersama guru-guru yang beda banget dengan aku. Jelas lah. Amit-amit kalau dunia ini diisi sama aku saja. Mereka tetap menjadi mereka. Aku tetap menjadi aku. Aku hanya ingin mengendalikan kecemasanku. Karena aku merasa aku ini adalah alien. Aku adalah superman dari planet Kripton.

 

Postingan Populer