Pak Komang Suarsana, motivasi dan tawa ceria

 



Pak Komang Suarsana, motivasi dan tawa ceria.

Menjadi bagian dari keluarga besar SMA Negeri Bali Mandara adalah salah satu mimpi saya sejak kecil yang sudah terwujud tahun 2021. Melewati 3 proses inti yaitu pengumpulan berkas, home visit, dan bootcamp yang dilaksanakan secara online karena pandemi yang melanda dunia. Pitta Grha Nairiti yaitu Pak Komang Suarsana dengan caranya sendiri bisa memberikan motivasi dan juga candaan ala komedian.

Saya yang membuat tulisan ini akan menyajikannya dalam bentuk wawancara bisa dibilang prolog karena pertanyaan dan jawaban berasal dari sudut pandang saya sendiri. Saya sendiri belum mempunyai basic penulis, yang penuh kalimat majasnya namun bisa membuat orang terhanyut dan mengerti pokok dalam tulisannya. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang.

 

Kapan pertama kali bertemu dengan Pak Komang Suarsana ?

Awalnya saya mengenal beliau di WhatsApp ketika beliau chat saya personal menanyakan nama, dan identitas lainnya serta diminta untuk bergabung ke grup Grha Nairiti. Jujur saya saat itu masih belum mengenal secara dalam apa itu grha dan kakak asuh. Ingin lebih mengenal kakak asuh serta saudara, akhirnya tanggal 12 Januari 2022 seluruh siswa SMA Negeri Bali Mandara diminta datang dan tinggal di asrama untuk menjalankan kehidupan berasama. Dimana itu adalah salah satu syarat untuk menempuh pendidikan di SMA Negeri Bali Mandara.

Tak terasa hari Jumat datang setiap pukul 1-3 siang akan dilaksanakan pertemuan grha. Untuk pertama kalinya saya bertemu langsung dengan Pak Komang Suarsana, beliau terlihat santai dengan topi yang dikenakan. Ketika menyambut anak-anak kelas 10 saya tidak ekspek pak Komang orangnya humoris.

 

Bagaimana kesan pertama saat bertemu dengan Pak Komang Suarsana ?

Kesan saya saat bertemu langsung dengan Pak Komang Suarsana adalah orangnya murah senyum, humoris, tapi saat memberikan semangat beliau terlihat meyakinkan. Beliau juga suka menceritakan tentang kakak-kakak smanbara dulu dari latar belakangnya hingga kesuksesan dimana beliau menginginkan anak-anaknya kelak bisa seperti itu. Pak Komang sangat identik dengan tawanya yang mungkin tidak bisa ditiru, kata beliau "buat semua orang tersenyum dan tertawa karena itu ibadah". Saat beliau tertawa kami berhasil dibuat tertawa juga entah itu majic atau keahlian beliau.

Apa Quote pak Komang Suarsana yang paling berkesan ??

Selama saya berada di asrama atau pertemuan grha pak Komang Suarsana jarang mengatakan perihal Quote tapi lebih ke nasihat dan pesan moral agar kita lebih bersyukur karena bisa diterima sebagai keluarga besar SMA Negeri Bali Mandara, jangan pernah sia-siakan kesempatan yang ada, serta jangan insecure dengan ketidakpercayaan kita terhadap suatu hal.

Apa pengalaman bersama pak Komang Suarsana yang paling berkesan ?

Kalau yang ini jangan ditanya. Banyak sekali momen penuh keseriusan serta kegembiraan. Namun yang paling berkesan adalah saat saya, saudara-saudara, dan beberapa kakak kelas 11 kumpul di kebun grha untuk melakukan pembersihan dan tak sengaja pak Komang lewat lalu kami semua memanggil beliau. Untungnya pembersih sudah selesai. Beberapa dari kami ada yang bersalaman kepada bapak dan meminta tanda tangan satu sama lain ( untuk menyelesaikan tugas dari kakak asuh ). Sampai saat pak Komang memberikan suatu cerita tentang beliau yang terbangun pada pukul 6 pagi karena mendengan namanya di panggil. Sontak kami semua tak terkecuali kakak-kakak juga tertawa terbahak-bahak. Hingga saat ini momen itu masih saya ingat terus. Mungkin bagi yang membaca tulisan ini tidak mengerti karena momen ini disampaikan dalam bentuk tulisan, namun percayalah akan tertawa terbahak-bahak mendengar kisahnya.

Apa yang bisa dipelajari dari Pak Komang Suarsana ?

Beliau murah senyum yang pertama, kedua beliau selalu memberi dukungan kepada orang lain, ketiga beliau suka berbagi entah itu motivasi atau pengalaman, beliau jarang bahkan tidak pernah marah tapi bukan berarti beliau tidak peduli dengan anak-anaknya namun karena tidak ada yang salah hanya kurang latihan dan belum terbiasa saja. Beliau sangat friendly bahkan hampir semua anak grha lain mengenal beliau itu yang keempat. Beliau adalah sumber tawa serta semangat anak Nairiti grha itu yang terpenting. Jadilah orang yang bisa memberikan semangat kepada orang

Apa harapan untuk Pak Komang Suarsana ?

Semoga bapak sekeluarga diberikan kesehatan, kesejahteraan, serta kegembiraan. Semoga segala doa dan keinginan bapak bisa terwujud. Saya juga memiliki sepatah dua patah untuk bapak, terimakasih telah membimbing kami selama di smanbara, menyediakan fasilitas untuk kami belajar, menjadi sosok panutan yang baik di masa depan kami, menjadi sosok terdepan jika kami memiliki masalah belajar maupun sosial, dan menjadi sosok penuh tawa dan maaf. Saya mulai lebih bersyukur dengan segala kekurangan saya dan selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan saya. Kata bapak Nairiti grha "Kebo eksplor, bukan kebo balegong"

 

 

 

Postingan Populer