Sebuah Ide

Sebuah ide

Aku memikirkan begini
Seandainya begini
Mungkin aku begini
Tapi tetap begini saja
Hidup ini diam
Yang bergerak hanya ide
Berputar-putar 
Seperti bergerak
Nyatanya sibuk
Dalam imajinasi
Sebaiknya aku gak berpikir
Gak punya ide
Idenya ya gak ada ide
Berhenti mencari
Berhenti menjadi
Hidupku berhenti di sini
Diam hening
Memeluk kesunyian

Pering, 22 Juni 2024

Temui Lukamu

Temui lukamu
Seperti kekasih
Dengarkan keluh kesah
Hiruk badai
Bidangkan dadamu
Bentangkan sabar
Luruhkan air mata
Tanpa perlawanan
Terimalah lukamu
Segenap seutuhnya

Pering, 22 Juni 2024

Kepalaku Pasar Raya

Kepalaku pasar raya
Transaksi dimana-mana setiap saat
Perkara kecil remeh remeh
Untung rugi dan dugaan-dugaan
Segala gemerlap hiruk pikuk
Membuatku kehilangan diriku
Tersesat dikeramaian
Aku menyusuri penuh sesak
Bau amis sampah pasar
Kucari diriku sampai malam
Pasar ini berganti pasar malam

Denpasar, 24 Juni 2024

Aku menduga

Menerka masa lalu
Seperti mengulik luka
Yang belum jadi
Merasakan sakit yang disengaja
Memintal kabut memupus
Jarak pandang sendiri
Aku hanyut
Dari kedalaman
Luka bathinku sendiri

Malang, 25 Juni 2024

Aku melihat

Aku melihat bayanganku sendiri
Di matamu yang tak luput menanti
Cahaya yang menggenapkan tubuhku
Yang kian luruh dalam kekosongan
Kenanglah aku dalam ruang
Di ceruk hatimu yang paling dalam
Gelap dan sunyi

Jogja, 2 Juli 2024

Sebuah Anomali

Ku pikir beginilah jadinya, jika engkau membuatku menjadi yang normal. Mungkin kamu senang, tapi berbeda denganku. Menjadi yang wajar adalah perihal buruk untuk diriku. Terutama untuk hati-hati binatang di dalam diriku. Kawanan gagak dan serigala tidak mungkin aku diamkan dengan senyuman pria baik. Aku ini brengsek, jadi biarkan selama dunia ini tidak terusik. Selama aku senang dan tidak mengganggu. Aku pikirkan biarkan aku di sini, sendiri di rimba pikiranku. Aku ini binatang jalang.

Jogja, 2 Juli 2024

Tentang Jatidiri

Aku menyimpan filosofiku dibalik kata Nirjana. Nirjana artinya ketiadaan, manusia kosong. Bagiku penting memiliki zero ego atau ketiadaan aku. Dengan prinsip ini membuatku nyaman menjalani hidup. Aku tidak menemukan musuh, semua bisa menjadi kawanku. Karena aku tidak punya kelakuan, aku bisa diterima oleh siapa saja. 

Nirjana membuatku terus merasa kosong. Dengan ini aku punya asrat belajar yang tinggi. Aku belajar dari siapa saja, siapa pun aku anggap menjadi guruku. Ada kekayaan berharga yang dimiliki oleh siapa saja, yaitu pengalaman. Dengan pengalaman itu, aku bisa mengalami tanpa mengalami. Nirjana membuatku terus belajar dari cerita-cerita siapapun yang aku temui.

Nirjana memberiku kebebasan, perasaan bahagia karena menjadi bebas. Aku bisa ada di mana saja, menjadi apa saja, dengan kesederhanaan. Semua terasa indah jika kamu memiliki pengharapan yang kecil. Semacam gelandangan yang bebas







Postingan Populer