Materi Yoga: Manfaat Yoga

Manfaat Yoga



Setelah mempelajari materi sebelumnya tentang Penerapan Yoga. Hari ini kita akan belajar manfaat yoga. Jadi setelah kita mempraktekkan yoga kita bisa merasakan manfaat bagi tubuh kita. Apa saja manfaatnya? Kalian bisa membacanya pada materi berikut ini. Selamat belajar dari rumah!

Tubuh kita terdiri dari 3 lapisan yang disebut dengan Tri Sarira. Tri Sarira terdiri dari Sthula Sarira atau badan kasar, Sukma Sarira atau badan halus dan Antakarana Sarira atau badan penyebab. Secara umum sering dikenal dengan Mind, Body and Soul (pikiran, tubuh dan jiwa). Tubuh, pikiran dan jiwa ini harus seimbang untuk membentuk keutuhan manusia. Yoga merupakan jalan yang tepat untuk memenuhi itu. Yoga dari istilahnya artinya penyatuan, menyatukan atman dengan parama atman (Tuhan). Menyatukan dan menyelaraskan tubuh, pikiran dan jiwa.

Penerapan yoga bisa memberi manfaat untuk 3 lapisan badan ini. 

Manfaat bagi Sthula Sarira (Badan Kasar)

Yoga secara umum berisi tentang olah raga atau olah badan. Ketika melakukan yoga otot-otot kita mengalami kontraksi dan relaksasai. Ketika kontraksi otot mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna dalam tubuh kita. Ketika relaksasi kita memberi istirahat yang mendalam pada otot-otot kita. Aktivitas ini bisa memberi manfaat bagi tubuh, tubuh menjadi lebih bugar, lebih terhindar dari penyakit, otot menjadi lebih lentur, postur tubuh menjadi lebih tegap. 

Beberapa penyakit bisa diatasi dengan rutin melakukan yoga seperti rematik, asam urat, mag, kolesterol, nyeri sendi, darah tinggi, jantung, kegemukan dsb.



Manfaat bagi Sukma Sarira (Badan Halus)

Selain olah raga atau asana dalam yoga kita juga melakukan olah rasa melalui sikap pranayama. Pranayama artinya mengatur nafas yang terdiri dari puraka (menarik nafas), kumbaka (menahan nafas) dan recaka (mengeluarkan nafas). Kita melakukan olah rasa yaitu merasakan jalannya nafas mengalir melalui hidung menuju paru-paru kemudian begitu sebaliknya. Dengan pranayama nafas menjadi pelan. Kita menjadi lebih rileks dan tenang. Pikiran-pikiran negatif, stress bisa kita redakan.

Manfaat yoga bagi Sukma Sarira yaitu: Pikiran menjadi lebih tenang, fokus. Ingatan menjadi lebih bagus. Sarana untuk melepaskan stress. Kita menjadi lebih bahagia.


Manfaat bagi Antakarana Sarira (Badan Penyebab)

Dalam yoga terdapat meditasi, kita berusaha memusatkan pikiran kepada Tuhan. Melakukan refleksi dan perenungan diri. Berbincang-bincang dan berdamai dengan sang diri (atman). Kita menjadi lebih menyadari diri, melakukan perbaikan-perbaikan untuk diri sendiri, kita menyadari sifat-sifat Tuhan dalam diri sendiri.

Demikian materi kita hari ini. Semoga bermanfaat!

Postingan Populer