Materi Sejarah Agama Hindu di Indonesia


sumber gambar: cnnindonesia.com

Halo, smg smw dlm keadaan sehat ya!

bpk lgi kewlhn bkin materi, lgi sibuk PPG jg. Jdi materi ini hanya garis besar aja. Bpk ketik cepat. Pake klian prbndingn sja. Kali ini kta blajar Sejarah Perkmbngn Agama Hindu di Indonesia.

Kalian sudah belajar tentang pengertian Sejarah Agama Hindu di India. Di kegiatan belajar ini kita akan belajar tentang Sejarah Agama Hindu di Indonesia.

Ada berbagai teori tentang masuknya agama Hindu di Indonesia. Ada yang menyebutkan teori Brahmana yakni masuknya agama Hindu ke Indonesia adalah berkat jasa orang suci (brahmana) yang melakukan perjalanan suci (dharma yatra) menyebarkan ajaran agama Hindu.

Adapun orang suci tersebut adalah rsi Agastya yang dijuluki sebagai Pita Sagara karena upaya beliau menyeberangi lautan untuk menyebarkan agama. Dalam prasasti Dinaya berangka tahun 682 Caka (760 M) menyebutkan raja yang bernama Gaja Yana membuat tempat khusus pemujaan Rsi Agastya.

Selanjutnya menurut catatan sejarah agama Hindu pada mulanya berkermbang pada abad ke 4 M di Kalimantan Timur yang ditandai dengan berdirinya kerajaan Kutai. Adapun bukti sejarahnya yaitu 7 buah Yupa. Yupa ini menyebutkan adanya silsilah raja yang terdiri dari Kudungga, Aswawarman, dan Mulawarman. Dari prasasti ini menunjukkan bahwa agama yang berkembang adalah agama Hindu aliran Siwa.

Kemudian agama Hindu berkembang di Jawa Barat abad ke 5 M. Dengan berdirinya kerajaan Tarumanegara. Bukti sejarah yaitu 7 buah prasasti: Ciaruteun, Kebonkopi, jambu, Pasir Awi, Muara Cianten, Lebak, dan Tugu. Prasasti menyebutkan keberadaan raja Purnawarman. Agama Hindu yang berkembang di kerajaan ini yaitu aliran Hindu Waisnawa (memuja Wisnu).

Kerajaan Hindu di Jawa Tengah ditandai dengan berdirinya kerajaan Kalingga abad ke-7. Bukti sejarahnya adl prasasti Tuk Mas di dlmnya berisi atribut Tri Murti. Bisa disimpulkan kerajaan menganut Hindu Tri Murti. 

Kerajaan selanjutnya adalh Mataram Kuno atau Mataram Hindu dengan raja pertama Sanjaya. Bukti peningglannya adl prasasti Canggal. Agama yang dianut adl Hindu tri murti. Raja yg terkenal kerajaan ini adl Rakai Pikatan yang mnikah dengan Paramodawardani yang beragama Budha. Bukti adanya hubungan yang harmnois Hindu dan Budha. Bukti sejarhnya adl Prambanan dan Borobudur

Ketika pemerinthn Mpu Sindok kerajaan dipindah ke Jawa timur, diduga karena gunung Meletus. Berdirilah dinasti isyana. Stlh mpu Sindok raja berikutnya adl Dharmawangsa.Yg trkenal dg program mengjawaken byasamanta, mengalih bahasakan karya rsi Wyasa

Dharmawangsa menikahkan anaknya dg Airlangga. Pas pernikahan justru diserang oleh raja Wurawari. Airlangga Bersama istri pergi ke hutan. Airlangga berhasil mendirikan kerajaan Medang Kemulan. Kemudian kerajaan ini dibagi dua menjadi Kediri dan Daha. Pembgian ini oleh Mpu Bharadah.

Kediri lbih berkembang, smpai nanti bsa mnyatu kembali dg Daha. Raja Kediri yang terkenal adl Jayabaya. 

Kerajaan Kediri dikalahkan Ken Arok. Berdirilah kerajaan Singasari. Raja kerajaan ini silih berganti oleh karena kutukan Mpu Gandring. Raja terkenal kerajaan Singasari adl Kertanegara, dengan ekspedisi pamalayu. 

Kertanegara dikalahkan oleh Jayaktang dri kerajaan Kediri. Ini membuat Raden Wijaya kabur ke Madura.

Raden Wijaya mengalahkan Jayakatwang. Berdirilah Majapahit. Kerajaan Majapahit adl krj Hindu terbesar di nusantara, wilayhnya melebih wilyh NKRI skrg. Berkt Gajah Mada dg Sumpah Palapa. Hayam Wuruk-Gajah Mada membuat Majapahit di puncak kejayaan

Perlahan kjayaan itu mundr, diawali dg peristiwa bubat. Untk mnaklukn Pajaran dilkukn dg siasat perkwinn. Hayam Wuruk dg Dyah Pitaloka. Gajah Mada ingin Dyah Pitaloka diserhkn sbg upeti. Sedg Hayam Wuruk ingn dg prnikhn. Pajarn mnolk trjadilh perang di bubat.

Prg Bubat mmbuat hub Hayam Wuruk dan Gajh Mada renggang. Akhirnya merek wafat. Majaphit sulit mncari pengganti. Justru ada perang saudra/ perang paregreg


Postingan Populer