TULISANKU-FILOSOFI PATRICK

 FILOSOFI PATRICK



Saya pertama kali nonton SpongBob secara kebetulan ketika itu saya masih kelas XI Smk. Sebenarnya sudah lama Latv nanyangin serial itu setiap paginya. Tapi saya tidak terlalu tertari karena sepintas gambar kartunnya jelek sekali. Namun kali ini iseng saya nonton sambil menunggu jam berangkat ke skolah. Episode yang saya tonton waktu itu cukup menarik, sampai sekarang saya masih ingat. Sponbob, patrick, dan squidward balapan keong. Kesan film pun terbangun seketika waktu itu, film ini aneh dan kocak. Aneh, karena semua cerita dalm film ini tidak masuk akal. Akhir cerita dari balapan keong sangat tak terduga keong sponbob (Garry) malah jatuh cinta dg keong Squidward. Sementara yang jadi pemenang adalah keong patrick, sebenarnya itu bukan keong sih cuma sebongkah batu. Namanya Rocky.

Lama-lama saya jadi ketagihan yang bikin saya kepincut dengan satu tokoh cerita yaitu Patrick. Sosok yang dibuat penciptanya agak berbeda berbentuk bintang laut bercelana pantai. Dari tampangnya udah kelihatan bodoh dengan perut buncit yang bisa makan apa saja. Dia berbeda karena banyak kekurangannya selain bodoh, lugu dan kadang egois. Dia yang fisiknya gak sempurna, dia diciptakan tanpa hidung.

Tapi saya melihatnya sebagai sosok yang kelakuanya susah ditebak saking bodohnya dia bersikap paling aneh dan tidak normal. Kadang kita dibuat ketawa karena kebodohannya dia sering menanggapi berbeda perkataan teman-temannya. Namun kadang kita terharu karena sikap setia kawannya kepada sponbob. Kadang bisa jadi kita iri dengan patrick karena dia menurutku adalah sosok yang pengarangnya paling bebas. Dia tidak punya pekerjaan selayaknya tokoh-tokoh di BikiniBottom yang menurutku mirip kehidupan kita

Diantara semua peran dalam kota bikini bottom. Semua terlihat memiliki pekerjaannya masing-masing. Tuan Krab sebagai pemilik restoran cepat saji Krusty Krab sementara pegawainya adalah Squidward sebagai kasir dan Sponbob sbg koki. Kita lihat yang lain, Larry pekerjaannya penjaga pantai, Nyonya Purch sbg guru mengemudi. Pearl sbg mahasiswa. Sandy chick ilmuwan. Plankton pemilik chum bucket. Nah disini kita dibuat bingung apa pekerjaan Patrick?? Ini sekaligus membuat saya iri Dia memang diciptakan untuk bebas tanpa pernah terikat pekerjaan. Saya sering berandai-andai seandainya punya satu hari tanpa harus memikirkan pekerjaan. Tapi patrick pekerjaannya adalah bermain dan menikmati harinya.

SB: jadi ini kerjaan kamu?? duduk dan menonton TV.
P: Hey, ini tidak segampang yg kamu lihat. kadang saya kehilangan remotenya,kadang saya harus memperbaiki antena tv,dan kadang pantat saya sakit !!

Beginilah kita selalu dibuat tertawa oleh dialog konyol patrick. Satu episode dimana Sponbob dan Patrick sepakat memelihara bayi kerang. Dimana patrick bersikap sbg seorang ayah, pagi bekerja malamnya lembur. Dan ternyata kita dibuat tertawa karena pekerjaan yang dia maksud hanya menonton tv, mencari remote, memperbaiki antena atau duduk dg pantat skit

Dunia menurut patrick adalh dunia penuh warna banyak kebahagiaan, permainan, persahabatan, dan semua hal positif yang hanya ada pada pikiran anak-anak. Setiap hal dia pandang sebai permainan atau hal-hal yang memberinya kebahagiaan. Dia menghabiskan hari-harinya sendiri atau bersama temannya sponbob menangkap ubur-ubur, mencoba hal-hal baru dan menegangkan. Bahkan ketika dia diberi pekerjaan pun dia akan menanggapinya sebagai sebuah kesenangan. Bagaimana ketika dia mendapat topi karyawan krusty krab saking bahagianya tubuhnya lemas, dia terjatuh. Ternyata itu membuat pengunjung terhibur, dan menarik pengunjung lainnya. Jadilah dia sebagai karyawan yang tugasnya menjatuhkan dirinya dan membuat orang-orang tertawa

Sebagai seoarang yang bebas dia bisa mencoba semua pekerjaan. Diapun pernah pekerja pada plankton sebagai agen promosi. Dia membuat iklan "Chum is fum" ternyata itu berhasil mendatangkan pelanggan. Ternyata kalau serius dia adalah sosok yang banyak talenta dia pernah membuat rekaman yang memutarkan lagunya di puncak antena pemancar. Dia rasa suaranya bagus sehingga banyak penduduk bikini bottom yang membawakannya obor dan garu

SAYA JELEK DAN SAYA BANGGA Meskipun suaranya jelek dia selalu merasa dirinya berbakat. Mungkin ini tamparan untukku, aku selalu mengeluhkan kekuranganku. Tapi patrick ingin menunjukkan kepada kita untuk mensyukuri apa yg kta punya. Bisa jadi motivasi sekaligus pembelajaran bagi kita dalam menjalin persahabatan. Dengan keterbatsannya patrick selalu berusaha menolong sbgaimana dia bisa. Lihatlah ketika sponbob mengalami masalah orang yang dicarinya pasti patrick. Karena patrick adalah orang yang sangat menghargai persahabatan lihatlah kata-katanya berikut ini

TEMAN ADALAH KEKUATAN

Ini adalah kata-kata sekaligus motto hidup seorang patrick. Baginya sponbob adalah sahabat yang paling berharga. Sempat nangis ketika nonton episode dimana sponbob akan meninggalkan bikinibottom, dia kehilangan rumah nanasnya yang dimakan nematoda. Patrick menangis mencegah mobil orang tua sponbob yang akan membawa kawannya pergi

SB: Apa yang biasanya kamu lakukan saat aku pergi?
P: menunggu kamu kembali.

Hampir saya nangis dengar kata-kata ini simpel tapi dalam banget. Bagaimana dengan anda?

Yap begitulah patrick dia selalu apa adanya. Dengan segala kekurangannya terutama bodoh dia ingin menunjukkan sesuatu yang lebih penting dari itu. Dia selalu menmpatkan shabatnya diatas kepentingannya.

S: apa kamu yakin mau jadi bodoh untuk jadi temanku lagi?
P: Pengetahuan tidak akan bisa menggantikan persahabatan. Aku memilih jadi bodoh!!!

Episode ini patrcik menikmati hari-harinya sebagai orang paling cerdas di bikinibotom. Sesuatu yang sangat dia inginkan sebelumnya karena kebetulan dia mengambil kepala yang salah ketika terjatuh dari tebing. Namun patrick tidak selamanya bahagia, karena kecerdasannya justru membuatnya jauh dari Sponbob. Karena dibagian akhir cerita dia memutuskan untuk menukar kepalanya dan menjadi normal kembali

Normal bagi patrick adalah ketidaknormalan bagi kita. Dia seperti menjalankan kehidupan dengan terbalik. Bagaimana dia sangat tergila-gila dengan tantangan ekstrim. Karena salah mengartikan kata-kata: hidup sebagai larry dengan hidup  semaksimal mungkin. Itu membuatnya mencoba semua wahana yang menakutkandia. Pada akhirnya Larry datang menyelamtkannya "Hidup seperti Larry maksud ku menjalani hidup dengan maksimal, bukan untuk menghancurkan diri mu sendiri.

Denpasar, 7 Agustus 2013

Postingan Populer