Kisah Kebo Iwa Part 1

 Lahirnya Kebo Iwa Sang Putra Bali Yang Istimewa


 

            Kerajaan Bedahulu adalah salah satu kerajaan yang pernah berdiri di Bali. Kerajaan ini dipimpin oleh Sri Astasura Ratna Bumi Banten yang artinya permata yang perkasa dari Bali. Berkat kepemimpinannya masyarakat Bali hidup sejahtera. Mereka sebagian besar bekerja sebagai petani mengolah sawah yang airnya bersumber dari Sungai Pakerisan. Sungai Pakerisan adalah sungai yang disucikan yang asal-usulnya bersumber dari cerita Mayadenawa leluhur raja Bedahulu.

            Aliran sungai Pakerisan telah memberikan kesuburan untuk tanah Bedahulu. Rakyat banyak membangun pemukiman di sekitar sungai. Salah satunya adalah Sri Karang Buncing, dia hidup bersama istrinya. Sudah lama mereka tidak dikarunia seorang anak. Penghasilan yang dikumpulkan dari mengolah lahan kerajaan seperti tidak ada artinya. Istri Sri Karang Buncing sering mengeluhkan itu kepada suaminya namun pada akhirnya mereka hanya bisa berserah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

            Masyarakat Desa Bedahulu adalah pemeluk agama Hindu yang taat. Setiap bulan purnama kerajaan menggelar upacara di Pura Gaduh. Pura Gaduh adalah pura terbesar di kerajaan Bedahulu. Sri Karang Buncing menghaturkan sebagian hasil dari sawah yang diolahnya berupa beras, kelapa, pisang, dan jagung. Sri Karang Buncing memang terkenal sebagai warga yang senang beramal.

            Upacara di pura Gaduh memberi berkat sendiri bagi Sri Karang Buncing. Istrinya ternyata mengandung, kebahagiaan Sri Karang Buncing tidak terkira. Sri Karang Buncing bekerja lebih giat lagi mengolah tanah kerajaan. Sehingga semakin banyak hasil yang bisa dia persembahkan ketika upacara di Pura Gaduh. Sebagian hasilnya akan dia kumpulkan untuk membesarkan anaknya.

            Beberapa bulan kemudian istri Sri Karang Buncing melahirkan seorang putra. Tepat di hari tilem atau bulan mati. Sri Karang Buncing ketika itu sedang membajak sawah dengan kerbaunya. Mendengar kabar bahagia itu Sri Karang Buncing bergegas pulang. Anak itu diberi nama Kebo Iwa.

            Kebo Iwa tumbuh besar dan kuat, selera makannya sangat tinggi. Sri Karang Buncing sampai kewalahan menyiapkan kebutuhan anaknya. Penghasilan yang dikumpulkannya bertahun-tahun segera habis. Sri Karang Buncing bekerja dengan keras demi membesarkan anaknya. Ibunya sering berhutang kepada tetangga untuk membeli beras.

            Kebo Iwa tidak seperti anak kebanyakan, mungkin karena lahir dari berkat Pura Gaduh. Badannya tinggi besar itu membuatnya segera bisa membantu ayahnya bekerja. Kebo Iwa sadar sudah menyusahkan orang tuanya, dia pun lebih banyak bekerja dari pada bermain dengan teman sebayanya.

            Setiap sore Kebo Iwa menemani ayahnya memandikan kerbau-kerbau. Dia pun bertanya kenapa dia diberi nama Kebo Iwa. Ayahnya menjawab kerbau adalah binatang yang sangat berjasa bagi petani. Kerbau binatang yang kuat dan penurut. Ayah ingin Kebo Iwa bisa meniru sifat kerbau itu kuat dan banyak menolong orang.

            Sri Karang Buncing menasihati Kebo Iwa supaya tidak malu dengan kondisinya. Badannya yang tinggi besar sering menjadi bahan olok-olokan temannya. Ayahnya berpesan supaya Kebo Iwa tidak membalas perlakuan temannya. Kebo Iwa harus rajin belajar menunjukkan prestasi adalah cara yang tepat untuk membalas olok-olokan temannya.

            Setiap malam Kebo Iwa belajar bersama ibunya ia senang belajar ilmu alam. Belajar sambil mengamati lingkungan sekitar. Kebo Iwa senang melihat bulan dan menyadari bentuk bulan yang berubah-ubah. Dia mencatat perubahan itu terjadi berselang 15 hari. Bulan dalam kondisi penuh disebut dengan bulan purnama. Bulan dalam kondisi kosong disebut dengan bulan mati atau Tilem.

            Ibu mengajari Kebo Iwa ilmu Wariga atau perhitungan hari baik dalam agama Hindu. Umat Hindu tidak hanya merayakan upacara setiap Purnama dan Tilem. Ada perhitungan lainnya yang terdapat dalam ilmu Wariga. Perhitungan itu adalah Wara, Wuku, Sasih dan Tahun Saka. Wara perhitungannya dalam 1 hari, Wuku dalam 1 minggu atau 7 hari, dan Sasih perhitungan bulan. Pergantian Tahun Saka dirayakan dengan hari raya Nyepi.

            Kebo Iwa bertanya apakah ada hubungan hari kelahiran dengan warna kulit. Kebo Iwa mengira kulitnya hitam karena lahir pada bulan mati. Ibunya tersenyum melihat kepolosan Kebo Iwa. Ibunya menjawab itu karena turunan ayahnya yang berkulit hitam. Kulit yang sebagian besar dimiliki oleh petani atau kaum Sudra.

            Semakin hari ibu semakin kesulitan menjawab rasa ingin tahu Kebo Iwa. Dia ingin menyekolahkan Kebo Iwa. Akan tetapi orang dari Sudra Warna tidak boleh bersekolah ketika itu. Masyarkat Bali dibedakan ke dalam Catur Warna, Catur Warna adalah pembagian struktur masyarakat berdasarkan profesi. Sudra Warna adalah susunan masyarakat yang berprofesi sebagai petani dan buruh. Ketika itu yang boleh belajar adalah golongan Brahmana dan Ksatria. Brahmana adalah golongan orang suci dan Ksatria adalah golongan raja.

Ibu Kebo Iwa pergi ke sebuah sekolah yang dipimpin oleh Ki Soma Kepakisan. Sekolah itu hanya menerima kaum Brahmana dan Ksatria menjadi muridnya. Ibu memohon supaya Kebo Iwa diterima, namun ditolak. Ibu disuruh pulang, namun ibu menolak.

Ketika orang sibuk bekerja di dapur, Ibu Kebo Iwa ikut membantu. Begitupun pekerjaan lain seperti menyapu, bertani, memberi makan sapi. Semua dikerjakan sampai berhari-hari. Melihat kesungguhan ibu, Ki Soma Kepakisan luruh hatinya. Kebo Iwa diijinkan bersekolah namun harus melewati tes.

Ibu Kebo Iwa pulang dengan senang hati. Kebo Iwa mendatangi ibunya menanyakan kenapa ibu tidak pulang-pulang. Sambil menangis ibu memeluk Kebo Iwa dan mengatakan bahwa dia sudah bisa bersekolah. Kebo Iwa anak istimewa dia pasti mampu melewati tes masuk sekolah Ki Soma Kepakisan.

Postingan Populer