Kertas dan Plastik

 

Kertas dan Plastik adalah dua sahabat. Mereka sama-sama diciptakan dari alam. Kertas diciptakan dari pohon. Plastik diciptakan dari minyak bumi. Kertas dan Plastik memiliki aneka ragam warna. Mereka selalu ada dimana pun manusia berada. Ketika manusia kesulitan Kertas dan Plastik siap membantu.

Masalah datang ketika musim hujan. Banjir membawa kesulitan bagi manusia. Banyak yang jatuh sakit dan kehilangan tempat tinggal. Melihat hal itu Plastik sangat sedih.

"Plastik, mengapa kamu bersedih?" Kertas datang menghibur Plastik.

"Aku sedih karena manusia mulai membenciku. Mereka bilang aku penyebab banjir. Seandainya aku bisa menghentikan banjir." Kata Plastik sambil menunduk.

"Aku juga ingin membantu manusia. Tapi aku belum tau caranya. Aku dengar di ujung desa ini ada orang yang bisa membantu. Namanya Kaki Taro."

"Hmm, Kaki Taro? Kakek yang punya tangan ajaib itu ya? Ayo kita kesana!" Ajak Plastik penuh semangat.

Kertas dan Plastik pergi ke ujung desa menemui Kaki Taro. Ada banyak rintangan yang dilewati. Mereka harus melewati lembah yang dalam dan sungai yang deras. Rintangan itu tidak menyurutkan semangat mereka untuk menolong manusia.  

Melihat lembah yang dalam Plastik merasa khawatir, dia takut ketinggian. Kertas dan Plastik dua sahabat yang saling melengkapi. Mereka sudah terbiasa tolong menolong.

"Kamu tidak perlu khawatir. Naiklah ke punggungku. Aku aku suka dengan angin. Aku akan membawamu terbang." Kertas menawarkan bantuan.

Dengan senang hati Plastik melompat ke punggung Kertas. Mereka melaju menuruni lembah dengan selamat.

Perjalanan berlanjut mereka harus melewati sungai yang deras. Kertas merasa khawatir, dia takut air. Plastik dengan senang hati menawarkan bantuan.  

"Aku suka dengan air. Naiklah ke punggunggku. Aku akan membawamu ke seberang"

Kertas melompat ke punggung plastik. Mereka menyeberangi sungai dengan selamat.

Kertas dan Plastik melanjutkan perjalanan hingga sampai di ujung desa. Kaki Taro tinggal di rumah terpencil. Rumah itu sangat sejuk, ada banyak pohon dan bunga beraneka warna. Kaki Taro menyambut Kertas dan Plastik dengan senang hati.

"Kalian sangat menyayangi manusia. Tentu saja aku bisa membantumu.” Ucap Kakek Taro.

“Terimakasih Kakek.” Sambut Kertas dan Plastik.

Kaki Taro mendaur ulang Kertas dan Plastik dengan tangan ajaibnya. Kertas dan Plastik berubah menjadi barang baru yang berharga. Kertas berubah menjadi vas bunga yang cantik. Plastik berubah menjadi pot bunga. Dengan demikian mereka bisa kembali membantu manusia.

“Ajaklah semua teman-temannmu ke sini! Aku akan merubah mereka menjadi barang yang berguna. Kalian bisa mencegah banjir.” Ucap Kaki Taro penuh senyum.

Oleh,

I Nyoman Sutarjana

Gianyar

 

Postingan Populer